Video: “Sarasehan ISEF VII: Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren dan Komunitas”

0
871

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Asisten Staf Khusus Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI) Bidang Ekonomi dan Keuangan, Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., telah menjadi moderator dalam Sarasehan Pesantren dengan tema Ketahanan Pangan Berbasis Pesantren dan Komunitas pada Rabu (28/10) secara virtual.

Dalam rilisnya kepada NEWSCOM.ID, Rabu (28/10), acara ini diselenggarakan oleh Indonesia Sharia Economi Festival (ISEF) VII. Sejumlah pihak pun terlibat aktif dalam ISEF VII ini sebagai mitra strategis penyelenggara.

Beberapa diantaranya ialah Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI), Bank Indonesia, Kementerian Pertanian (Kementan) RI dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Seperti dikutip dari laman https://youtu.be/yi1engtXa94, Guntur Subagja dalam pengantar acara menyatakan bahwa sektor pertanian menjadi sangat menarik saat pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19) ini. Penyebabnya, masyarakat sekarang mulai terbuka pikirannya untuk membangun kemandirian pangan dan memperkuat ketahanan pangan.

“Masyarakat sekarang terbuka pikirannya, bagaimana kita harus membangun kemandirian pangan? Bagaimana kita harus menguatkan ketahanan pangan? dan Bagaimana kita mampu mengkonsumsi pangan sendiri?,” papar Guntur Subagja pada Rabu (28/10).

Dalam hal ini, lanjutnya, pesantren menjadi salah satu hub yang dapat menjadi motor untuk penggerak ekonomi rakyat, khususnya di sektor pertanian.

Sejumlah narasumber turut memaparkan materi secara virtual, yakni Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah BI, Muhammad Anwar Bashori, M.Phil., Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan RI, Dr. Ir. Agung Hendriadi, M.Eng., dan Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI, Dr. H. Waryono Abdul Ghafur.

Dua narasumber lainnya ialah Dr. H. Anas al Hifni, S.Ei, M.Si., dari Koperasi Sarekat Bisnis Pesantren Jawa Timur serta Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha PT. Rajawali Nusantara Indonesia.

Seperti dilansir dari video di laman https://youtu.be/yi1engtXa94 / ISEF VII, acara ini berlangsung selama tiga jam 13 menit 45 detik dan telah disaksikan oleh 1.176 warganet serta disukai oleh 48 netizen hingga berita ini ditayangkan.

Acara ini dimulai sejak pukul 08.30 – 12.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) pada Rabu (28/10). Selamat menyaksikan, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY