Video: “Presiden Joko Widodo Mengecam Keras Pernyataan Presiden Prancis”

0
70

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia (RI), Ir. H. Joko Widodo, mengecam keras pernyataan Presiden Republik Prancis, Emmanuel Jean-Michel Frédéric Macron, yang telah menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia, pada Sabtu (31/10) di Istana Merdeka, Jakarta.

“Indonesia juga mengecam keras pernyataan Presiden Prancis yang telah menghina agama Islam, yang telah melukai perasaan umat Islam di seluruh dunia, yang bisa memecah belah persatuan antar umat beragama di dunia, di saat dunia memerlukan persatuan untuk menghadapi COVID-19 (Corona Virus Desease 2019),” tegas Presiden Joko Widodo.

Seperti dikutip dari laman https://www.presidenri.go.id/, Presiden Joko Widodo menyatakan hal itu dengan didampingi oleh Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia (RI), Prof. Dr. (H.C.) Drs. KH. Ma’ruf Amin, serta para pemuka agama dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah.

Selain itu, turut hadir mendampingi Presiden Joko Widodo dalam momentum ini ialah para pemuka agama dari Konferensi Waligereja Indoensia (KWI), Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI), Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) dan Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN).

“Dan kebebasan berekspresi yang mencederai kehormatan, kesucian, serta kesakralan nilai-nilai dan sibol agama sama sekali tidak bisa dibenarkan dan harus dihentikan,” ujar Presiden Joko Widodo.

Menurutnya, mengaitkan agama dengan tindakan terorisme adalah sebuah kesalahan besar. Terorisme adalah terorisme, teroris adalah teroris. “Terorisme tidak ada hubungannya dengan agama apa pun,” imbuh Presiden Joko Widodo.

Selain itu, Presiden Joko Widodo pun mengecam keras terjadinya kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice, Prancis, yang telah menimbulkan korban jiwa.

“Indonesia mengecam keras terjadinya kekerasan yang terjadi di Paris dan Nice, yang telah memakan korban jiwa,” ujarnya.

Indonesia, ucapnya, mengajak dunia untuk mengedapankan persatuan dan toleransi beragama untuk membangun dunia yang lebih baik.

Pernyataan Presiden Joko Widodo ini dibacakan secara resmi setelah Presiden bersama Wapres Prof. KH. Ma’ruf Amin, sejumlah menteri dan para pemuka agama membahas perkembangan dunia, khususnya terkait dengan persaudaraan antar umat beragama.

Berikut ini ialah video pernyataan resmi Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, terhadap Presiden Prancis dan situasi kerukunan antar umat beragama di tingkat global, seperti dikutip dari laman https://youtu.be/hAOjh21oqQ8 / Biro Pers, Media dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden RI.

Video berdurasi tiga menit 33 detik ini telah disaksikan oleh sekitar 33.605 warganet dan disukai oleh sekiar 1.600 netizen hinga berita ini ditayangkan. Selamat mengikuti video ini, semoga bermanfaat.

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani

LEAVE A REPLY