Jarem, Inovasi Minuman Instan Dari Olahan Aneka Rempah Produksi UMKM UD. Mulya Desa Tulungrejo

0
279

NEWSCOM.ID – Sudah menjadi rahasia umum rempah-rempah nusantara memiliki beragam manfaat terutama untuk kesehatan. Peluang ini pun dimanfaatkan sebagai peluang usaha oleh Erlina Wulansari milenial dari desa Tulungrejo, Kab. Kediri .

“Sebelumnya saya karyawan swasta, namun ketika pandemi terkena PHK. Lalu ada teman minta sample produk minuman rempah instan untuk dipasarkan, dari situ saya coba-coba buat sendiri,” terang Erlina saat membuka paparan sebagai narasumber inspiratif webinar inspirasi bisnis Intani seri ke 119.

Erlina menceritakan butuh beberapa kali percobaan untuk menemukan komposisi yang tepat untuk minuman rempah instannya yang diberi nama Jarem. Untuk pemilihan bahan baku, pengolahan hingga pemasaran masih dijalankan secara mandiri.

“Untuk saat ini produksi Jarem masih dibantu keluarga, karena porudksinya masih skala kecil. Peralatannya juga masih sederhana,” ujarnya.

Usaha yang dimulai pada 2020 ini sudah bersetifikat halal, P-IRT dan NIB sehingga sudah terjamin kualitas produknya. Komposisi Jarem terdiri dari jahe, kunyit, temulawak, sereh, kayu manis, cengkeh dan gula putih.

Jarem saat ini memiliki dua varian kemasan yaitu, serbuk ukuran 250 gram dan 100 gram serta celup isi 10 jarem bag per box less sugar.

Erlina mengatakan pemasaran secara offline (konsumen datang langsung, pameran, bazar dan lainnya) dan online (media sosial dan marketplace).

“Kami juga kirim sample untuk ekspor melalui sub eksportir, namun kendala terbesar kami yaitu modal karena salah satu syarat ekspor itu rumah produksi dan tempat tinggal harus terpisah serta volume permintaan dalam jumlah besar,” jelasnya.

Ketua Umum Intani Guntur Subagja menyambut dengan baik kendala yang dihadapi Erlina dengan menyarankan untuk berkolaborasi dengan packing house UMKM Halal Hub berlokasi di Sidoarjo, Jawa Timur.

“Tahapannya cukup mudah setelah lolos proses kurasi produk maka bisa dipacking sesuai standar dan langsung dipasarkan baik naional maupun global, sehingga bisa mengurangi cost yang dibutuhkan jika dilakukan secara mandiri,” terangnya.

Guntur menambahkan UMKM Halal Hub sebagai agregator produk-produk halal UMKM untuk medunia, jadi ini peluang yang besar bagi para UMKM untuk memasarkan produknya secara global.

Webinar dengan tema ‘Olah Rempah Jadi Minuman Instan’ dipandu oleh Riyan Sumindar dan diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah via daring dan streaming di TANITV.*

LEAVE A REPLY