CSGS SKSG UI: “Kita Perlu Mewujudkan Kolaborasi Riset Multidisiplin”

0
519
Sumber: CSPS CSGS SKSG UI

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Unit Kerja Khusus (UKK) Center for Strategic Policy Studies (CSPS) Center for Strategic and Global Studies (CSGS) Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) telah berpartisipasi aktif dalam Rapat UKK CSGS SKSG UI pada Jumat (21/7) di Kampus UI Salemba, Jakarta.

Rapat yang berlangsung di Gedung Institute for Advancement of Science Technology and Humanity (IASTH), Lantai 4, Ruang 403-404, Kampus UI, Salemba, Jakarta itu dipimpin langsung oleh Kepala UKK CSGS SKSG UI, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si.

Hadir pula Koordinator UKK Pelayanan dan Pengabdian Masyarakat (PPM) SKSG UI, Tri Astuti Handayani, S.E., M.Si., dalam acara ini.

Dalam pertemuan ini, turut hadir secara luring perwakilan dari UKK Center for Strategic Entrepreneurial Leadership (CSEL) CSGS SKSG UI, UKK Pusat Riset Ketahanan Nasional (PKN) CSGS SKSG UI, UKK Pusat Kajian Jaminan Sosial (PKJS) CSGS SKSG UI, dan UKK Pusat Kajian Pembangunan Berkelanjutan (PKPB) CSGS SKSG UI.

Pertemuan ini membahas sejumlah peluang, tantangan dan problematika dari masing-masing UKK di bawah koordinasi CSGS SKSG UI. Rapat ini juga menjadi wadah untuk silaturahmi, saling mengenal, tukar pendapat, serta berbagi gagasan dan ide di antara sesama pengurus UKK di lingkungan CSGS SKSG UI.

“Kita ini satu keluarga besar di dalam CSGS SKSG UI. Sangat terbuka peluang bagi kita untuk mewujudkan kolaborasi dan kerja sama riset mutidisiplin antar UKK di bawah koordinasi CSGS SKSG UI. Rapat ini menjadi wahana kita untuk saling mengenal satu sama lain, antar sesama UKK di dalam CSGS SKSG UI,” tutur Dr. Shobichatul Aminah, M.Si.

CSGS SKSG UI, lanjutnya, sedang berkoordinasi dengan SKSG UI untuk memfasilitasi sebuah galeri bersama, di satu lokasi, guna menampilkan produk-produk hasil riset dari setiap UKK di lingkungan CSGS SKSG UI. “Misalnya produk-produk riset dalam bentuk jurnal, buku, karya tulis ilmiah, dan policy brief,” paparnya.

Dalam acara ini, CSPS CSGS SKSG UI diwakili oleh Ketua, Wakil Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Penelitinya, secara berututan yakni: Guntur Subagja Mahardika, S.Sos., M.Si., Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., Yanuardi Syukur, S.Sos., M.Si., Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si., dan Marlon Semuel Consantin Kansil, S.Pi., M.Si.

Selain itu, turut hadir Ketua CSEL CSGS SKSG UI, Roy Darmawan, SE, M.Psi, Ketua PKPB CSGS SKSG UI, Dr. Ir. Setia Damayanti, M.Si., Ketua PKJS CSGS SKSG UI, Ir. Aryana Satrya, M.M., Ph.D., dan Ketua PRKN CSGS SKSG UI, Dr. Drs. Arthur Josias Simon Runturambi, M.Si., dalam rapat ini.

Sebelum rapat dimulai, Wakil Ketua CSPS CSGS SKSG UI, Dr. Nyoman Astawa, M.Si., M.Phil., telah secara langsung memberikan buku Bank Muamalat Reborn kepada Kepala UKK CSGS SKSG UI, Dr. Shobichatul Aminah, M.Si. Dalam prosesi penyerahan ini, turut mendampingi seluruh pengurus dan peneliti CSPS CSGS SKSG UI yang hadir.

Buku Bank Muamalat Reborn ditulis oleh A. Iskandar Zulkarnain, S.E., M.M., dan Ir. Anif Punto Utomo, M.T.I., serta difasilitasi proses penerbitannya oleh CSPS CSGS SKSG UI dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

Penulis: Muhammad Ibrahim Hamdani, S.I.P., M.Si.

Bendahara dan Peneliti CSPS CSGS SKSG UI

LEAVE A REPLY