Pemerintah: 89 Proyek Bernilai Rp 1.422 Triliun Menjadi PSN

0
635
Sumber: LKBN Antara

NEWSCOM.ID, JAKARTA – Pemerintah Republik Indonesia (RI) telah merekomendasikan sebanyak 89 proyek bernilai Rp 1.422 triliun untuk menjadi Proyek Strategis Nasional (PSN) baru. 89 PSN ini dianggap memiliki daya ungkit terbesar untuk mendorong pemulihan ekonomi dari tekanan pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19).

Seperti dikutip dari Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) Antara, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Dr. Ir. Airlangga Hartarto, M.B.A., M.M.T., mengonfirmasi hal itu pada Jumat (29/5) di Istana Merdeka, Kota Administrasi Jakarta Pusat. Tepatnya usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) bersama Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

“89 PSN itu meliputi lima proyek bandara, lima proyek kawasan industri, 13 proyek bendungan dan irigasi, satu proyek tanggul laut, dua proyek smelter, satu proyek lahan pangan, lima proyek pelabuhan, dan enam proyek kereta api,” tutur Menko Perekonomian, Airlangga Hartanto.

Selain itu, lanjutnya, terdapat 13 proyek kawasan perbatasan, 12 proyek energi, enam proyek air bersih, satu proyek pengelolaan sampah, dan tiga proyek pengembangan teknologi termasuk drone.

“Dari 245 proyek baru, yang memenuhi kriteria sebanyak 89 proyek. Dengan demikian, 156 proyek belum direkomendasikan,” ujar Airlangga.

Menurutnya, terpilihnya rekomendasi 89 proyek baru itu karena dinilai dapat mendorong kegiatan ekonomi, terutama sektor riil, serta memberi manfaat berlipat ganda terhadap pembukaan lapangan kerja dan pendapatan masyarakat.

“Kriteria proyek strategis ini adalah yang mempunyai peran terhadap perekonomian, kesejahteraan sosial dan berdampak positif pada lapangan kerja,” paparnya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartanto pun berharap agar 89 PSN ini dapat memberikan keberlanjutan lingkungan hidup serta sejalan dengan aspek-aspek lain.

“Kemudian (kriterianya) proyek-proyek itu didistribusikan secara nasional, dan proyek-proyek itu juga mempunyai batas nilai investasi Rp 500 miliar. Walaupun ada proyek (yang nilainya) di bawah itu dan dianggap strategis serta masuk di dalam PSN ini,” ungkapnya.

Sumber: LKBN Antara

Editor: Hamdani

LEAVE A REPLY